January 7, 2022 By loveina30.info 0

Peternakan Kambing: Kembali ke Dasar

Baik Anda tertarik pada peternakan kambing untuk memelihara hewan peliharaan, atau memulai operasi daging atau susu, itu bisa menyenangkan dan menguntungkan. Untuk memastikan peternakan kambing Anda sukses, pertimbangkan ide-ide berikut tentang geografi yang sesuai, breed, peralatan penting dan perawatan kambing, Anda juga harus mengetahui tentang cara merawat kambing 5 tips penting.

Geografi

Ruang untuk memberi makan, berteduh dan memerah susu merupakan faktor penting dalam memelihara kambing yang sehat dan bahagia. Sebagai panduan, peternakan kambing berukuran rata-rata dengan 500-600 ekor kambing membutuhkan lahan seluas 40 hektar, sedangkan ternak kecil dengan 24 ekor kambing membutuhkan sekitar 10 hektar. Lahan pertanian Anda harus dapat mendukung kawanan tanpa terlalu padat.

Juga survei kehidupan tanaman yang ada di sekitar potensi pertanian. Kambing dikenal sebagai pengumpul di lingkungan semak, dan beberapa tanaman seperti azalea beracun bagi mereka jika dikonsumsi.

Memilih ras

Ras yang Anda pilih akan bergantung pada tujuan Anda bertani. Beberapa ras kambing yang populer antara lain:

  • Nubian – sering digunakan untuk susu, dan juga kambing gemuk yang membuatnya baik untuk tujuan ganda pembiakan;
  • La Mancha – kambing buku harian kecil;
  • Boer – kambing Afrika Selatan yang sering digunakan untuk daging;
  • Angora dan Australian Cashmere – kambing ini dapat menyediakan mohair dan cashmere untuk Anda.

Saat membeli ternak utama Anda, pastikan untuk memeriksa apakah kambing telah diberi obat cacing dan divaksinasi, apakah bulunya mengkilat dan matanya jernih, dan apakah mereka makan dan minum secara teratur – ini semua adalah tanda ternak yang sehat.

Alat perdagangan

Selain tanah dan ternak, barang-barang penting lainnya untuk peternakan kambing antara lain:

  • Jerami dan pakan
  • Bak dan wadah untuk memberi makan dan minum
  • Pemangkas kuku
  • Obat cacing
  • Jarum suntik, jarum suntik dan vaksin
  • Kuas
  • Kerah dan timah
  • Struktur terlindung, seperti gudang atau gudang
  • Peralatan pemerahan susu

Dengan kambing yang bisa memanjat dan merangkak, penting juga untuk memiliki pagar yang kokoh. Untuk pertanian skala kecil, pagar jaring harus baik-baik saja, tetapi untuk kawanan yang lebih besar, bahan yang lebih kuat mungkin diperlukan.

Memelihara kambing

Begitu lahir, sangat ideal untuk bayi kambing diberi makan oleh induknya, sehingga mereka mendapatkan kolostrum yang mengandung antibodi, vitamin, dan mineral esensial. Kemudian, pada usia 7 bulan, kambing akan siap untuk berkembang biak, meskipun umumnya terjadi antara 10-12 bulan. Musim kawin adalah waktu yang intensif, berlangsung setahun sekali antara Januari hingga Maret, dan kehamilan kemudian berlangsung selama empat bulan. Kambing betina biasanya melahirkan antara satu dan lima anak. Pada usia 12-18 bulan, kambing masuk ke susu, dan harus diperah dua kali sehari. Ingatlah bahwa mereka perlu diperiksa secara teratur untuk parasit dan penyakit.

Memahami kebutuhan geografis, ras yang berbeda, alat perdagangan dan tahap kehidupan kambing akan membantu Anda. Ini adalah aspek kunci dan dasar-dasar yang terlibat dalam peternakan kambing – kami berharap Anda mendapatkan pengalaman yang bermanfaat.

Jika Anda ingin mengadakan aqiqah sebaiknya Anda menghubungi layanan aqiqah jakarta yang memiliki kambing-kambing sehat, berpengalaman, dan melayani aqiqah sesuai syariat islam.